Friday 12 June 2015

Penyebab Bangkrutnya BlackBerry, Bakalan liris Smartphone Android



Mantan CEO BlackBerry, Jim Balsille, buka suara mengenai proses kebangkitan dan kejatuhan BlackBerry saat dirinya masih menjadi pucuk pimpinan tertinggi di perusahaan tersebut. Balsille yang kehilangan posisinya pada 2012 menyatakan jika BlackBerry sangat ketakutan .
Menurut Balsille, pada 2007 lalu, BlackBerry nyatanya tak mampu bersaing dengan Apple yang baru merilis iPhone pertama mereka. Bahkan masih menurut Balsille, untuk menahan laju Apple, BlackBerry akhirnya ikut merilis smartphone layar sentuh mereka yang dikenal sebagai BlackBerry Storm.
"Dengan Storm kami mencoba untuk melakukan terlalu banyak. Itu adalah smartphonelayar sentuh pertama kami, dengan tampilan yang dapat diklik, itu aplikasi baru, namun semua dilakukan dalam jangka waktu yang sangat singkat dan itu justru menghancurkan kami,” ujar Balsille,
Balsille mengungkap, jika Blackberry Storm gagal di pasaran, bahkan Verizon, operator yang bekerja sama dengan BlackBerry menuntut USD500 juta sebagai kompensasi atas kegagalan produk tersebut.
"Itu adalah saat di mana saya tahu bahwa kami tidak bisa bersaing dalam bisnis perangkat yang memiliki hardware high-end, kami harus tetap berada di bisnis smartphone low end,” tambah Balsille.
Dari segi software, Balsille juga menganggap BlackBerry terlambat untuk beradaptasi dengan penantang baru. Balsille mengungkap jika saat masih menjabat sebagai CEO, dirinya ingin membuka layanan BlacBerry Messenger (BBM) agar dapat digunakan di perangkat lain.
Namun sayangnya ide itu diabaikan, hingga pada akhirnya layanan BBM resmi hadir di Android pada 2013. Keputusan tersebut dinilai terlambat karena BBM saat itu sudah terlanjur kalah pamor dari WhatsApp. 

Kini BlackBerry kembali diterpa rumor dan spekulasi, kali ini perusahaan asal Kanada tersebut diisukan tengah mempertimbangkan untuk memproduksi smartphone berbasis Android.
Menurut laporan Reuters, rencana produksi smartphone berbasis Android merupakan salah satu bagian dari rencana strategis dari BlackBerry. Meski begitu, rencana strategis tersebut tidak menjamin jika BlackBerry akan benar-benar membuat handset Android, karena semuanya masih dalam tahap pertimbangan.
Sebagai informasi, sebelumnya perusahaan juga dikabarkan akan merilis seri BlackBerry 10, namun hingga saat ini realisasi dari rencana tersebut belum terwujud.
Belum jelas bagaimana BlackBerry akan menciptakan smartphone berbasis Android pertamanya, peluncuran dari seri BlackBerry 10 juga masih menjadi misteri.
Beredar rumor jika sistem operasi Android tersebut akan dibenamkan untuk seri BlackBerry 10, hal tersebut dinilai sebagian pihak masuk akal mengingat ekosistem perangkat berbasis Android yang sangat besar.
Menarik untuk melihat ke depannya jika BlackBerry benar-benar akan membuat smartphone berbasis Android milik mereka sendiri. Mampukan rencana tersebut mendongkrak penjualan handset BlackBerry?


EmoticonEmoticon