Monday 8 June 2015

Cara Mengetahui Model Motherboard dengaan Cepat Tanpa Membuka CPU


RAMDAN46 - Ketika kamu ingin mengupdate driver, mengecek hardware yang cocok atau kamu hanya ingin tahu. Cara termudah untuk mengetahui model motherboard komputer kamu adalah dengan membuka CPU. Tapi bagaimana jika kamu tetap tidak menemukannya? Masih ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui model motherboard yang kamu gunakan dan tanpa membuka CPU.

Kenapa Kamu Harus Mengetahui Model MoBo (Mother Board) ??

Ada banyak situasi yang mengharuskan kamu untuk mengetahui model motherboard, contohnya seperti upgrade driver, membeli hardware baru (membeli RAM misalnya), dan mengecek kecocokan hardware yang ingin kamu beli.
Jika kamu tidak mengecek kecocokan hardware untuk motherboard kamu akan menyesal dan membuang uang. Contohnya saja saya, ketika ingin upgrade RAM untuk motherboard Intel DG41WV. saya membeli dua keping RAM 4GB, dan ternyata mobo Intel DG41WV satu slot DIMMnya hanya mendukung 2GB saja.

Cara Mengetahui Model Motherboard Tanpa Membuka CPU via CMD

Jika terbiasa menggunakan command line, kamu akan lebih mudah untuk mengecek mobo dan hardware dengan menggunakan Windows Management Instrumentation Command-line (WMIC). Dengan WMIC tool, kamu bisa masuk ke baseboard untuk mengecek status motherboard seperti perusahaan, model, nama, partnumber, slotlayout, serialnumber dan sebagainya.
Pertama buka command prompt, caranya tekan Win+R, ketikkan cmd dan tekan Enter.
Lalu ketikkan atau paste perintah seperti di bawah ini.
wmic baseboard get product,Manufacturer,version,serialnumber
Kamu akan melihat data seperti di bawah ini.

Dari informasi di atas, perusahaan yang membuat mobonya adalah Intel, modelnya adalah DG41WV, dan selain itu tool WMIC juga menampilkan informasi serial number. Semua informasi yang kamu butuhkan ada di WMIC, tapi jika kamu suka tampilan GUI maka kamu bisa menggunakan aplikasi bantuan.

Cara Mengetahui Model Motherboard Tanpa Membuka CPU via Speccy

Speccy adalah salah satu aplikasi bantuan yang bisa mengecek model motherboard dengan tampilan GUI (metode yang digunakan sama dengan tool WMIC), kamu bisa mendapatkan aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis dan mudah digunakan.

Bukan hanya informasi model motherboard, ada juga informasi mengenai OS, CPU, RAM, Graphic dan masih banyak lagi. Kamu bisa melihatnya dengan jelas dari sisi kiri pane yang ada di gambar atas
Itulah cara mengetahui model motherboard tanpa membuka CPU. Mengetahui model hardware yang kamu gunakan ketika update driver sangatlah penting, jika salah maka Windows akan memunculkan BSOD. Bahkan tidak jarang kamu harus melakukan install ulang.


EmoticonEmoticon