Monday 8 June 2015

Cara Setting Windows Untuk Orang Kidal


RAMDAN46 - Tahukash sobat ? bahwa ada saja orang yang melakukan aktifitasnya serba kidal, begitupun pengguna komputer juga terdapat pengguna kidal, namun pada dasarnya windows sudah di setting untuk pengguna katuhu/tangan kanan itu berlaku untuk semua versi, nah untuk saat ini bagi sobat pengguna kidal jangan khawatir saya akan membagikan tips setting windows untuk pengguna kidal.
 Kira-kira populasi orang kidal di dunia ini hanya ada 10%, kebanyakan dari mereka adalah laki-laki. Hari ini kebanyakan komputer dan juga system operasi yang di desain untuk orang yang normal atau menggunakan tangan kanan. Ini mungkin sedikit tidak adil bagi orang kidal, karena mereka juga kesulitan harus menggunakan tangan kanan. Namun system operasi Windows memiliki pengaturan yang akan mempermudahkan orang kidal. Jika kamu termasuk orang kidal atau terbiasa menggunakan tangan kiri, kali ini ramdan46 akan menunjukan bagaimana cara setting penggunaan Windows untuk tangan kiri.

Cara Mempermudah Penggunaan Windows Untuk Orang Kidal

Desktop

Untuk orang kidal, mungkin sangat tidak nyaman menggunakan mouse di tangan kanan, untuk itu kali ini kita akan mengubah pointer mouse ke kiri. Kamu bisa mendownload kursor untuk tangan kiri dari Microsoft, sayangnya sudah tidak ada lagi tapi saya masih bisa memberikannya untuk kamu.
Sekarang di C:\Windows\Cursor, buat folder baru yang diberi nama LeftHanded. Taruh pointer yang ingin kamu gunakan atau atur seperti daftar di bawah ini;
1. aero_arrow_left.cur
2. aero_busy_left.cur
3. aero_helpsel_left.cur
4. aero_link_left.cur
5. aero_pen_left.cur
6. aero_working_left.cur

Sekarang buka Mouse Properties dari Control Panel dan pilih tab Pointers. Pada menuScheme pilih Windows Default (system scheme) dan klik Save As, lalu beri nama LeftHanded dan tekan OK.

Kemudian pada kolom Customize, pilih Normal Select pointer, klik Browse dan buka folder C:\Windows\Cursors\LeftHanded. Pilih pointer yang sesuai dengan keinginan kamu, disini saya memilih aero_arrow_left. Setelah selesai klik Apply dan OK.

Selanjutnya mungkin kamu ingin mengganti tombol Kiri dan Kanan dari mouse, klik tab Button pada Mouse Properties dan centang menu Switch primary and secondary buttons.

Tablet

Cara di atas mempermudah pengguna tangan kiri untuk mengendalikan Windows desktop, bagaimana dengan tablet? saya juga memiliki tips cara mempermudah pengguna Windows tablet dengan tangan kiri.
Pertama buka Control Panel dan klik Tablet PC Settings. Klik tab Other.

Dibawah menu Handedness, kamu akan melihat pengaturan untuk mengubah menu dari layar, yang menunjukan tangan mana yang dibuat untuk menulis. Pilih Left-handed untuk membuat menu muncul dari sebelah kanan tangan kamu.
Cara Mempermudah Penggunaan Windows Untuk Orang Kidal

Klik Apply dan Exit.
Sekarang kamu pengguna Windows dengan tangan kiri akan semakin mudah untuk mengontrol komputer atau tablet. Jika kamu memiliki tips lain untuk pengaturan Windows yang nyaman untuk orang kidal, silahkan bagikan di kolom komentar.
sekian dan terimakasih dan semoga bermanfaat salam suksess.


EmoticonEmoticon