Saturday 30 May 2015

Cara Mengamankan Ponsel dari Serangan Hacker


RAMDAN46pagi sobat semua yang selalu mengunjungi blog saya yang sederhana ini, pada postingan kali ini saya akan membagikan tips & trik cara mengamankan ponsel dari serangan hacker, mungkin bagi sobat yang di anggap penting dan bahkan mempunyai data yang sangat rahasia di ponselnya dan data itu di inginkan semua orang tidak menutup kemungkinan bahwa akan datang seorang hacker yang akan berusaha mendapatkan data tersebut, nah pada postingan ini saya akan memberikan cara untuk mengantisipasinya.


Smartphone sudah menjadi bagian hidup sehari-hari. Tidak peduli Anda seorang ibu rumah tangga, CEO sebuah perusahaan atau aktivis media sosial, smartphoneAnda menjadi asisten pribadi anda yang mengatur keuangan, menyimpan alamat, mengatur jadwal dan media untuk berhubungan dengan teman dan keluarga.
Email, informasi sensitif, foto dan alamat penting semua ada di smartphone yang kita miliki dan bila sampai hilang maka akan sangat menyulitkan untuk mendapatkan data tersebut kembali.
Pada era digital seperti sekarang ini, para pelaku kriminal bukan hanya mengincar harga jual smartphone yang Anda miliki, tetapi juga informasi yang ada di dalamnya. Seperti data kartu kredit, password email, media sosial dan lainnya yang bila dihitung nilainya jauh lebih berharga dari smartphone Anda yang hilang.
Jadi, apa yang perlu dilakukan untuk mengamankan smartphone Anda? Berikut tips yang dituliskan oleh pakar keamanan cyber, komunikasi dan system informasi, Chairman lembaga riset CISSReC (Communication and Information System Security Research Center)
Selalu Backup Data Pribadi Sobat
Hal ini merupakan langkah preventif untuk mempercepat pemulihan pasca kehilangan smartphone. Semua data pribadi yang tersimpan dapat segera dipakai tanpa harus mengingat ulang atau pun memproses ulang akun pribadi ke pihak yang berwenang seperti email atau pun akun e-banking sehingga tidak mengganggu rutinitas anda sehari-hari.
Hindari Menyimpan Password di Browser
Jika pencuri berhasil masuk ke layar utama Anda, yang pertama kali akan dilakukan adalah mengecek browser apakah ada akun yang bias melakukan login otomatis dan melakukan pencurian identitas. Pencuri bisa memanfaatkan email anda untuk menyebar permintaan uang atau bahkan mengakses internet banking Anda untuk melakukan perbuatan tidak bertanggungjawab. Selalu biasakan untuk tidak mengambil opsi login otomatis ketika diminta browser Anda.
Selalu Kunci Gadget Anda
Semua smartphone modern dilengkapi dengan layar kunci (lock screen) yang mengharuskan kita untuk memasukan pola atau password sebelum bias masuk kelayar utama. Layar kunci ini adalah pertahanan pertama ketika smartphone Anda dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab.
Pencuri akan membutuhkan waktu untuk dapat memecah password anda jika ingin mencuri data data pribadi Anda, sehingga Anda mempunyai waktu untuk melakukan langkah selanjutnya di dalam artikel ini.
Pasang Aplikasi Tracking Smartphone
Untuk memastikan smartphone anda tercuri bukan terselip di mobil ataupun di pojok rumah, Anda harus memastikannya denga nmelakukan tracking atau pelacakan terhadap smartphone Anda. Jika posisi smartphone tersebut sudah jauh dari tempat anda biasanya maka dapat dicurigai smartphone Anda dicuri. Apalagi jika tempatnya selalu berpindah maka dipastikan smartphone tersebut telah dicuri.
Untuk platform Android banyak aplikasi yang beredar di play store yang dapat digunakan untuk melakukan tracking lokasi smartphone anda. Jika anda dalam platform iOS, Apple menyediakan aplikasi bawaan untuk melakukan tracking yakni Find My Iphone. Informasi lokasi ini juga berguna ketika melaporkan kejadian ini kepada pihak yang berwajib.
Hapus Data Secara Menyeluruh
Untuk melakukan pengamanan data secara keseluruhan ada baiknya kita melakukan penghapusan data secara total untuk mencegah tindakan penyalahgunaan. Biasanya aplikasi untuk melakukan tracking lokasi juga menyediakan layanan untuk melakukan hapus data secara jarak jauh (remotely wipe off), seperti pada aplikasi Find My Iphone misalnya.
Pastikan opsi ini tersedia sebelum melakukan instalasi aplikasi tersebut. Pastikan juga aplikasi tersebut dari sumber yang terpercaya sehingga kita yakin data tersebut benar terhapus dan tidak di-backup di tempat lain.
Deaktivasi Nomor Telefon Anda

Setelah semua langkah diatas dilakukan maka langkah terakhir adalah menghubungi operator seluler Anda dan melakukan deaktivasi nomor telefon. Sehingga nomor Anda tidak dimanfaatkan untuk pelaku kriminal melakukan tindakan kejahatan lainnya.
nah mungkin sekian pada postingan kali ini, sesmoga bermanfaat bagi sobat semua dan jangan lewatkan tips dan trik menarik lainnya tetap pantau blog ini RAMDAN46 karna setiap harinya selalu update atau jika kalian tidak sempat berkunjung dan tidak ingin melewatkan info update dari RAMDAN46 ini kalian bisa mengikuti blog ini lewat e mail. caranya masukan e-mail sobat tepat di bawah yang bertulisan follow by email. 

8 komentar

Informasinya bermanfaat sobat, thanks udah di share :D

lumayan buat antisipasi, thanks gan :D

iya sama sama. semoga bermanfaat :D

wahhh makasih banyak ya gan atas infonya


EmoticonEmoticon