Monday 18 September 2017

Perhatikan ! Pentingnnya Backup Data Android


ramss.net - Data - data pengguna Smartphone berbasis Android akan otomatis tersimpan di server Google. Namun data tersebut juga otomatis akan sirna jika pengguna tidak aktif selama lebih dari 2 bulan lamanya.

Proses penyimpanan data-data ini pada umumnya sangat berfungsi saat sobat akan bermigrasi atau pindah device ke yang baru, atau ganti hape baru ni biasanya, ciee yang hp nya baru hehe. Lanjut ke materi, jika sibat pengguna aktif di google drive untuk menyimpan foto, kontak, video dan file penting lainnya maka ini hal yang harus di perhatikan.

Seorang pengguna Reddit bernama Tanglebrook, Mengalami hal tersebut bahwa jika pengguna tidak aktif selama  bulan, maka semua file akan otomatis terhapus dari server, dan jika hal itu sudah terjadi maka tidak ada cara lain untuk menyelamatkan data tersebut.
.
Ini berlaku untuk semua pengguna mulai dari yang gratis hingga berbayar, maka sering seringlah backup data demi keselamatan file penting yang sobat punya.

Dan parahnya pihak Google tidak membeberkan informasi tentang hal ini, dan pada akhirnya para pengguna banyak yang tdak mengetahui hal tersebut.

Kebijakan layanan Google Drive sendiri mengumumkan bila 14 hari tidak aktif, maka data backup tersebut akan memasuki tanggal kadarluarsa. Dan, Google akan menghapus data backup jika setelah dua bulan perangkat Android ini tidak digunakan.

Tak hanya di Android, pengguna Apple juga harus lebih memperhatikan cadangan datanya. Apple bisa menghapus data backup di iCloud jika perangkat iOS tidak digunakan dalam jangka tertentu.

Itulah mengapa pentinggnya Backup data android sobat, karna jika hal ini terjadi yang mempunya file Penting sobat akan hilang secara cuma cuma, lebih parahnya file tersebut tidak ada salinan dalam perangkat lain, kalo pengalaman saya sendri hal ini sangat saya perhatikan, terutama kontak.

Karna saya menyimpan nomor kontak itu di akun Google, karna kalo nyimpan di Kartu SIM itu memiliki batas penyimpanan yang sangat sedikit menurut saya, apalagi kalo menyimpan di perangkat hp akan sangat beresiko jika HP kita mendadak eror dan kita terpaksa harus reset ulang HP kita, dan kita pun tidak bisa mnyelamatkan file yang ada di perangkat kita karna sudah terhapus, jika pindah perangkat, kita tinggal sinkronkan saja akun google kita maka semua kontak, file dan semua data yang pernah kita backup di device yang lama akan berpindah ke device yang baru, dan itu sangat memudahkan sekali.


EmoticonEmoticon