Tuesday 19 September 2017

Waspada ! Hacker Gunakan CCleaner Untuk Menebar Malware


Ramss.net - Virus merupakan hal yang sangat serius jika hal ini menjangkit pada komputer atau smartphone milik kita, tak kehabisan akal karna saking cerdik dan kreatifnya para haker membuat terobosan baru yang sangat mencengangkan dan membuat pusing para user kewalahan yang terkena strateginya tersebut.

Aplikasi sekelas CCleaner pun bahkan dijadikan media para hacker untuk menjalankan aksinya. telah kita ketahui, CCleaner merupakan salahsatu software unggulan yang kerap digunakan oleh para pengguna untuk membersihkan temporary file, cache data dan registry yang sudah tidak terpakai pada smartphone dan komputer, guna memperluas ruang memory dan penyimpanan data yang dapat mempercepat proses pengolahan data.

Hacker telah berhasil membajak aplikasi Utility tersebut. cara kerjanya, siapapun yang mendownload atau memperbaruinya antara pertengahan Agustus hingga September, maka otomatis akan mendownload virus berjenis malware tanpa kita sadari, yang tentunya ini akan membuat kita kecolongan jika kita tidak mengetahui hal ini.

Hacker secara cerdik ‘membundel’ malware pada versi terbaru yakni CCleaner versi 5.33. Malware tersebut berpotensi dapat membuka akses ke komputer pengguna, alhasil hacker pun dapat leluasa melihat bahkan mencuri data system yang bersifat pribadi atau kredensial yang menurut dirinya penting.

Dalam update-nya tentang bug tersebut, Piriform memperkirakan hingga 3% dari userbase-nya telah terpengaruh. Salah satu penyebab malware ini akan sangat berbahaya karena seperti kita ketahui CCleaner ini merupakan salahsatu software unggulan para pengguna termasuk saya juga, yang kaget mendengar hal ini.

Perusahaan juga berasumsi bahwa peretasan tersebut kemungkinan dilakukan oleh ‘orang dalam’ karena kode berbahaya yang digunakan ditandatangani oleh pihaknya sendiri. yang artinya bahwa Update yang mereka download merupakan resmi dari Piriform, padahal yang di unduh tersebut adalah malware yang berbahaya. Disisi lain, serangan ini juga bisa saja dilakukan oleh orang luar yang seara bersih menyusup dalam proses pembuatan update.

dengan situasi seperti ini saya pribadi mengehntikan update bahkan menguninstall software tersebut karna takut terjadi hal hal yang tidak di inginkan, nah untuk menggunakan CCleaner saya sendiri menunggu perbaikan tentang bug ini, hati hati ya sob ! semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon