Thursday 4 June 2015

Facebook Adalah Aplikasi Pemboros Smartphone No. #1


RAMDAN46 - Jejaring sosial Facebook didapuk menduduki tempat pertama sebagai aplikasi pembunuh smartphone nomor satu karena  paling banyak menghabiskan daya baterai smartphone. Sedangkan tempat kedua diisi oleh BlackBerry Messenger (BBM).
Penelitian yang dilakukan oleh perusahaan perangkat lunak AVG tersebut sekaligus melaporkan kinerja aplikasi terbaru mulai Januari hingga Maret 2015. Dalam tiga tahun terakhir, selain Facebook dan BBM, AVG juga mencatat aplikasi kencan POF Free Dating, WeChat, dan ooVoo Video Call sebagai aplikasi pembunuh daya baterai dan data terbesar di smartphone.
Selain itu, tidak kurang dari empat aplikasi cuaca, seperti Yahoo Weather dan Weather Channel, juga masuk jajaran 10 aplikasi Android yang paling paling menguras kuota data mobile. Sementara aplikasi Weather & Clock Widget Android juga muncul di daftar atas aplikasi yang paling menghabiskan baterai smartphone.
"Banyak dari kita gemar memiliki aplikasi praktis seperti pemantau cuaca dan chatting meskipun sangat jarang digunakan, aplikasi-aplikasi tersebut ternyata berdampak cukup signifikan,” ujar Tony Anscombe, Senior Security Evangelist, AVG Technologies. 
Penelitian AVG tersebut dilakukan dengan menganalisis agregat data anonim dari satu juta pengguna aplikasi di Android. Android App Performance Report yang dilakukan AVG dalam triwulan terakhir 2015 bertujuan untuk mengungkap performa dari berbagai aplikasi top di seluruh dunia.
Penelitian tersebut turut menganalisis dampak keseluruhan dan kinerja terhadap tiga kategori utama, yakni menguras baterai, konsumsi penyimpanan, dan penggunaan lalu lintas data.


EmoticonEmoticon